Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Abulyatama

Mata Kuliah kewirausahaan merupakan mata kuliah yang mengajarkan bagaimana seorang mahasiswa menjadi pengusaha, hal ini diperlukan mengingat sedikitnya lapangan kerja yang tersedia dibandingkan lulusan terus meningkat tiap tahunnya. Kewirausahaan merupakan suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah. Dalam meningkatkan skill keahlian mahasiswa ibu Cut Delsie Hasrina, SE, M.Si, Ak  Dosen Prodi Ekonomi Akuntansi FE Unaya  Juga Wakil Dekan FE Unaya mengajak mahasiswa ke pasar tani dengan tujuan agar mahasiswa melihat kegiatan dipasar tani tersebut.

Pasar Tani ini berlangsung di Kompleks Distanbun Aceh, Jalan T Panglima Nyak Makam, Lampineung Banda Aceh yang menjual sayur-sayuran organik dan semiorganik , serta menjual sembako dan makanan olahan sayuran dan hewani. Di sini mahasiwa bisa melihat banyak UMKM yang menjual produknya dengan menampilkan inovasi-inovasi yang sangat kreatif baik itu  kemasannya, cara penataan di stan penjualan, rasa dari produk olahan, serta cara  promosi yang mereka lakukan untuk menarik minat pembeli.

Mahasiswa Unaya melakukan wawancara dengan UMKM tentang bagaimana cara menemukan ide-ide tentang pengolahan bahan makanan, bagaimana cara UMKM tersebut bisa maju seperti sekarang, dan bagaimana cara menumbuhkan jiwa pembisnis seperti mereka. Disamping itu, wawancara juga dilakukan kepada panitia pasar tani bagaimana proses apabila mereka ingin ikut berjualan di pasar tani ini. Banyak ilmu baru yang didapatkan dari pasar tani ini dan diharapkan mahasiswa dapat mempraktekk an pada masa yang akan datang

 

 

 

BEM FE 2019-2010

Marza Saputra, mahasiswa Prodi Ekonomi Akuntasi terpilih menjadi ketua BEM FE Unaya, dan Shahrul Gunawan  mahasiswa Prodi Ekonomi Manajemen terpilih sebagai wakil ketua BEM FE Unaya periode 2019-2010.  Ketua DPM FE untuk periode 2019-2010 adalah Sukma Setia Yodi yang merupakan mahasiswa Prodi Ekonomi Akuntansi. Semoga dengan terpilihkan pengurus baru ini BEM FE Unaya semakin solid dan semakin baik kedepannya.

Praktek Kewirausahaan Dan Ekonomi Kreatif

Mahasiswa Fakultas Ekonomi melaksanakan” praktek kewirausahaan dan ekonomi kreatif “ di Blang Padang pada Hari Minggu Tanggal 24 November 2019. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Mata Kuliah” kewirausahaan” yang diampu oleh Ibu Yunida Pangastuti MS. Kegiatan ini juga di arahkan oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UNAYA Cut Delsie Hasrina, SE, M.Si, AK

 

Mahasiswa FE menjual makanan kecil dan minuman  yang cocok untuk sarapan  bagi orang-orang yang mengunjungi Blang Padang pada Minggu pagi. Pengunjung banyak membeli makanan dan minuman yang dijual, dan para pengunjung juga mengungkapkan “salut “kepada mahasiswa FE unaya yang mau berjualan di Blang Padang.

Hal Ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa karena mereka dapat mempraktekkan ilmu kewirausahaan yang di dapat di kampus, dan dapat menambah percaya diri mahasiwa dalam kewirausahaan.

 

 

 

Moto Dalam Kewirausahaan “ Percaya Diri, Kreatif, Jangan Mudah Putus Asa, Dan Bermimpilah ^_^”

Lulusan Terbaik Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama

Muhammad Maulana Fikri,  SE merupakan lulusan terbaik dari Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama pada Wisuda Sarjana Strata I, Diploma dan Profesi periode 2019, dengan IPK 3,87. Maulana lahir di Banda Aceh pada tanggal 23 Juli 1996 merupakan anak tunggal dari Bapak sabri dan Ibu Fitriana adalah mahasiswa mempunyai dedikasi yang tinggi dalam mengikuti perkuliahan dan juga sopan terhadap semua dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama.